Jurnalisme Kontemporer Edisi Kedua

Jurnalisme Kontemporer Edisi Kedua PDF
Author: Septiawan Santana K.
Publisher: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
ISBN: 6024334494
Size: 26.99 MB
Format: PDF, Kindle
Category : Language Arts & Disciplines
Languages : id
Pages : 358
View: 2361

Get Book

Jurnalisme Kontemporer Edisi 2 ini menyerap berbagai perkembangan jurnalisme. Teknologi, misalnya, mendorong jurnalisme ke dalam kontemporarisasi media, dan membawa masyarakat semakin erat, ketat, padu, dan kompak, ketika menangkap peristiwa, atau isu. Perkembangan lain membawa jurnalisme tidak lagi hanya jadi sebuah profesi. Tapi juga, perkakas mengolah pesan, dan medium komunikasi kreatif: menyoal gaya hidup, olah raga, kesehatan, makanan, hingga cuaca. Sejarah, dan keilmuan jurnalisme, di antaranya, menunjukkan ideologi bermain di ruang fakta, sumber berita, sampai reportase. Bahasa dan pelaporan jurnalisme bahkan mengubah nalar bangsa Hindia, dari budaya "ucap" menjadi "baca-tulis", dari literasi "obrolan sekampung" menjadi "informasi personal". Framing jurnalisme mengerangkan tampilan sebuah bangsa, dan nafsu ekonomi politik. Dari sanalah, sertifikasi kewartawanan diukur jurnalisme, dan etika jurnalistik menolak syahwat pornografi. Hal itu tak melulu bisa diukur lewat sistim pers. Di kawasan Amerika Utara dan eropa barat, misalnya, aturan pers dipengaruhi pasar media, jaringan media dan partai politik, profesionalisme kewartawanan, serta intervensi negara. Ukuran profesionalisme, contohnya, pun bermacam ragam di tiap negara. Intervensi negara, misal lain, berbeda-beda ukurannya. Komponen politis bisa bersambung dengan sirkulasi pers. Buku edisi ke-2 ini dituntun, secara langsung atau tidak, oleh para mahasiswa, dosen atau pengajar, sampai pembimbing tesis dan disertasi, dari disiplin komunikasi, politik, hukum, ekonomi, psikologi, serta ilmu sosial dan humaniora lain. Selain itu, diceramahi sejawat pers dan media, serta rekan profesi lain seperti pengacara, politisi, polisi, dan lainnya. Alhamdulillah.

Book Series Jurnalisme Kontemporer Etika Dan Bisnis Dalam Jurnalisme

Book Series Jurnalisme Kontemporer  Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme PDF
Author: Hamdani M. Syam
Publisher: Syiah Kuala University Press
ISBN: 6232642600
Size: 69.38 MB
Format: PDF, Mobi
Category : Political Science
Languages : id
Pages : 357
View: 1443

Get Book

Buku ini bertujuan mengangkat isu tentang Jurnalisme di era digital. Buku diterbitkan atas dasar pemikiran bahwa perkembangan internet yang begitu cepat telah membawa perubahan dalam segala segi kehidupan masyarakat termasuk dunia jurnalisme. Sekarang dalam dunia jurnalisme menjadi kabur siapa wartawan dan siapa khalayak, siapa yang membuat berita dan siapa pembaca berita. Dengan tersedia platform murah, mudah, dan cepat dengan banyak muncul media sosial yang beragam, seakan-akan membuatkan sesiapa saja sudah menjadi wartawan, dan dapat menulis berita tanpa melalui proses gatekeeping yang ketat dengan mengabaikan ruang redaksi. Dampaknya adalah banyak muncul berita bombastis, sadis, fake news, dan berita bernuansa fitnah begitu berleluasa. Hal yang dapat memperburuk lagi adalah ketika perhatian pemilik media antara persaingan bisnis dan tanggung jawab berita yang dihasilkan terhadap masyarakat. Di era digital, terkadang lebih banyak media yang lebih mengutamakan kecepatan berita daripada kualitas berita. Padahal fungsi utama media, di samping berfungsi sebagai media informasi tapi ia berfungsi sebagai media edukasi terhadap masyarakat. Bermakna pers mempunyai peranan besar dalam membimbing masyarakat kepada perubahan sesuai dengan cita-cita pembangunan sesuatu bangsa. diharapkan keberadaan buku ini dapat memperkaya khazanah keilmuan yang luas terkait Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme. Keberadaan buku ini tak layak dilewatkan baik oleh kalangan akademisi, praktisi, politisi atau siapapun yang mau dengan rendah hati untuk belajar mengenai Etika dan Bisnis dalam Jurnalisme.

Jurnalisme Kontemporer

Jurnalisme kontemporer PDF
Author: Septiawan Santana Kurnia
Publisher:
ISBN:
Size: 16.40 MB
Format: PDF, Docs
Category : Journalism
Languages : id
Pages : 257
View: 3775

Get Book

Contemporary journalism in Indonesia.

Jurnalistik Islam

Jurnalistik Islam PDF
Author: M.Yoserizal Saragih, S. Ag, M. I.Kom
Publisher: GUEPEDIA
ISBN: 6237474919
Size: 30.41 MB
Format: PDF, ePub
Category : Antiques & Collectibles
Languages : id
Pages :
View: 1786

Get Book

Jurnalistik Islam PENULIS: M.Yoserizal Saragih,SAg,M.I.Kom Tebal : 125 halaman ISBN : 978-623-7474-91-3 www.guepedia.com Sinopsis: Dalam buku Jurnalistik Islami bukanlah media massa Islam atau pers Islam. Sebuah media yang mengklaim sebagai media massa Islam belum tentu bermuatan jurnalistik Islami, sebagaimana halnya masyarakat Islam belum tentu mencerminkan diri sebagai masyarakat Islami (sesuai nilai-nilai Islam). Jadi, jurnalistik Islami dan media massa Islam adalah dua dunia yang berbeda, meskipun ada kaitan erat antara keduanya. Jurnalistik Islami merujuk pada proses atau aktivitas jurnalistik yang bernafaskan nilai-nilai Islam. Sedangkan media massa Islam adalah produk dari suatu proses aktivitas jurnalistik yang umumnya berupa media da’wah atau himpunan karya jurnalistik dengan bahan baku konsep ajaran Islam yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai Islam. Sebuah media Islam yang berisikan berita dan artikel keislaman, bisa saja gaya jurnalistiknya tidak Islami jika gaya bahasa dan penulisannya buruk, tidak sesuai kaidah jurnalistik, atau bahkan kebijakan redaksinya cenderung menyerang atau memusuhi kelompok Muslim lain –merusak ukhuwah Islamiyah. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Menatap Masa Depan Jurnalisme Indonesia

Menatap Masa Depan Jurnalisme Indonesia PDF
Author: Ana Nadhya Abrar
Publisher: UGM PRESS
ISBN: 6023860753
Size: 44.68 MB
Format: PDF, ePub
Category : Language Arts & Disciplines
Languages : id
Pages : 242
View: 1333

Get Book

Bagi Abrar, pemegang gelar Ph.D. dalam jurnalisme, masa depan jurnalisme Indonesia tidak bisa dirumuskan tanpa mengetahui sejarah jurnalisme Indonesia. Soalnya, meminjam pendapat Kasdin Sihotang dalam buku Filsafat Manusia: Upaya Membangkitkan Humanisme, “sejarah jurnalisme merupakan cara berada jurnalisme dengan menghubungkan masa lalu dengan masa kini dan membukakannya ke masa yang akan datang” (hal. 126). Maka, dia harus menjelaskan jurnalisme Indonesia masa lalu dan masa kini untuk bisa membayangkan jurnalisme Indonesia di masa depan. Dengan merefleksikan jurnalisme Indonesia masa lalu yang dekat, Abrar menyadari apa yang sesungguhnya terjadi pada masa itu. Dengan melihat praktik jurnalisme pada masa itu, dia bisa merumuskan konsepsi jurnalisme yang sudah menjadi sebuah nilai. Maka, usahanya menghadirkan masa lalu jurnalisme Indonesia pada masa sekarang bermanfaat untuk membayangkan jurnalisme Indonesia di masa depan. Usahanya ini, kemudian, melahirkan ciri khas buku ini: salah satu dokumen tentang perjalanan jurnalisme Indonesia dan orientasi masa depan jurnalisme Indonesia. Dalam buku ini, Abrar bertutur dengan lugas dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Agar tuturannya menjadi segar, dia kerap mengutip langsung berita-berita yang bisa mewakili jurnalisme yang dipraktikkan. Hal ini merupakan satu pertanda: dia tidak ingin khalayak membaca buku ini dengan kening yang berkerut. Tidak terlalu berlebih-lebihan kiranya bila buku ini perlu dibaca segenap insan media pers (baik wartawan muda maupun wartawan senior), para pengamat jurnalisme, dan para mahasiswa yang sedang menekuni jurnalisme.

Jurnalisme Dasar

Jurnalisme Dasar PDF
Author: Luwi Ishwara
Publisher: Penerbit Buku Kompas
ISBN: 9789797095420
Size: 24.94 MB
Format: PDF, ePub
Category : Journalism
Languages : id
Pages : 188
View: 6714

Get Book

Mitos Jurnalisme

MITOS JURNALISME PDF
Author: Dudi Sabil Iskandar, Rini lestari
Publisher: Penerbit Andi
ISBN: 9792955429
Size: 13.24 MB
Format: PDF
Category :
Languages : id
Pages :
View: 130

Get Book

Mitos secara etimologi adalah sebuah tipe pembicaraan atau wicara (a type of speech). Mitos merupakan suatu objek, konsep, atau gagasan; mitos merupakan mode pertandaan (a mode of significantion), dan suatu bentuk (a form). Jurnalisme akan menjadi suatu mitos jika ia kehilangan makna denotatifnya, yaitu sebagai penyampai informasi dan author makna bagi khalayak. Buku ini hanyalah sepenggal kekhawatiran; seonggok ketakutan; segumpal kekecewaan terhadap dunia jurnalisme pada masa kini. Buku ini Mencoba menelaah jurnalisme secara detail. Fokus utamanya adalah dari sisi konten berita yang disajikan. Buku ini mengangkat berita yang dibenturkan dengan mitos, sehingga akan terihat, berita mana yang benar-benar produk jurnalisme dan mana yang hanya sekedar mitos.

Menulis Ilmiah

Menulis ilmiah PDF
Author: Setiawan Santana K
Publisher: Yayasan Obor Indonesia
ISBN: 9789794616499
Size: 18.33 MB
Format: PDF, ePub, Mobi
Category : Academic writing
Languages : id
Pages : 226
View: 5229

Get Book

Jurnalisme Dan Politik Di Indonesia

Jurnalisme dan Politik di Indonesia PDF
Author: David T. Hill
Publisher: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
ISBN: 9794617881
Size: 74.15 MB
Format: PDF, ePub, Mobi
Category : Business & Economics
Languages : id
Pages : 376
View: 2991

Get Book

Biografi Kritis Mochtar Lubis (1922-2004) sebagai pemimpin redaksi dan pengarang.

Konvergensi Media

KONVERGENSI MEDIA PDF
Author: Dudi Iskandar
Publisher: Penerbit Andi
ISBN: 9792970797
Size: 66.32 MB
Format: PDF, Docs
Category :
Languages : ia
Pages :
View: 7231

Get Book

Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme Konsep konvergensi media masih relatif baru dalam kajian komunikasi dan jurnalisme di negeri ini. Apalagi jika berkaitan dengan perbauran ideologi, politik, dan etika jurnalisme. Buku ini secara genial mengupas tuntas teks, praktik wacana, praktik sosiokultural, dan praktik jurnalisme kontemporer dalam konvergensi media di Kompas Grup, Media Grup, dan MNC Grup. Saat ini realitas jurnalisme dihiasi kepentingan non-jurnalisme, yaitu kepentingan politik kekuasaan pemilik media dan kepentingan ekonomi bisnis media (nilai tukar). Keberpihakan jurnalisme terhadap kepentingan politik kekuasaan menjadikan jurnalisme sebagai alat untuk pemenuhan hasrat politik kekuasaan (nilai tanda). Secara makro, praktik jurnalisme kontemporer adalah sebuah anomali dari praktik jurnalisme sejati (nilai guna). Kondisi ini kemudian menimbulkan krisis. Dari anomali dan krisis sehingga membutuhkan cara pandang baru. Di sinilah jurnalisme membutuhkan cara pandang (paradigma) baru. Oleh sebab itu, perubahan yang sangat radikal dalam realitas jurnalistik meniscayakan kehadiran perubahan cara memandang yang juga sangat berlainan dengan era sebelumnya. Inilah yang disebut titik balik atau akhir jurnalisme modern dan berbarengan dengan hadirnya jurnalisme/pers post-modern (post-journalism).